Saturday, February 12, 2005

Tugas 1 Esensi Komputer - Sejarah ESchwab

Sejarah dari ESchwab
Investasi online telah menjadi industri yang dapat dikembangkan. Pada sebuah laporan september 1998, “The Wall Street Journal” mencatat: “hari ini dari beberapa estimasi, 25% dari semua transaksi yang diselesaikan oleh investor individual ditangani oleh broker online. (Dave Pettit, Logged On, The Wall Street Journal, Sep. 8, 1998, R6). Pertumbuhan seperti itu sangat berharga dan hanya sebuah media yang eksplosif seperti internetlah yang membuat semuanya menjadi mungkin. Sudah saatnya untuk melangkah kebelangkah dan mereview sejarah dari cyber-finance dimana kita sebut investasi online. Bergantung pada pertumbuhan investasi online melalui pendidikan investor dan tool-tool pengambilan keputusan berdasarkan orientasi konsumen termasuk penawaran kami: Pengambilan Keputusan, sebuah panduan keputusan dimana investor dengan broker online yang paling sesuai untuk kebutuhan individual user.
Pada tahun 1995, Andrew Klein adalah seorang lulusan dari Harvard law School and CEO dan sebagai pendiri dari spring Street Brewing Company, menjadi posisi pertama untuk membuat sebuah initial public offering (IPO) melalui web. New York microbrewery seperti sebagian saham yang siap di beli oleh Internet-savvy investors. Kerjasama yang unik oleh Klein dijadikan berita utama sehingga dunia investasi menjadi ramai. Kemudian, pada awal tahun 1996, komite keamanan pada perdagangan menghubungi Klein melalui beberapa pertanyaan yang bersifat legal dan teknis. Pendek kata Microbrewery secara sukarela menunda perdagangan pada Web-based Bulletin Board, wit-trade. Bagaimanapun juga SEC mengirimkan sebuah surat dilarang bertindak untuk Klen. Seminggu kemudian memberikan persetujuan dengan persyaratan untuk perdangan secara online. Analis keuangan menyebut operasi Spring Street sebagai suatu uji coba kasus yang penting untuk keamanan transaksi online. Dan mulailah revolusi investasi.
Pada awal tahun 1996 Andrew Klein dengan partner online-nya, menemukan salah satu pemecahan utama dalam pengurangan hal-hal yang difokuskan untuk menjadi lebih maju dalam penampilan perdagangan onlinenya: Chgarles Schawab & Company. Pada awal tahun itu E*TRADE — sebuah discount broker yang di publikasikan tahun 1992 telah memulai perdangan Internet. E*TRADE melaporkan bahwa pada akhir September 1996, beberapa bulan setelah meluncurkan perdagangan online dari websitenya, perusahaan tersebut melihat 40% dari bisnisnya sudah berjalan secara online. Pada bulan Mei 1996, pelayanan perdagangan online Schwab, yaitu eschwab.com juga telah berdiri dan berjalan. (sejak saat itu eschwab.com merubah namanya menjadi schwab.com, dan menghapuskan “e” untuk menghilangkan kebutuhan pelanggan). Karena Schwab telah menyediakan kemampuan perdagangan secara dial up pada PC untuk clientnya sejak 1984, hal ini tidak mengejutkan untuk melihat sebuah permintaan tiba-tiba untuk investasi online. Permintaan ini telah berlanjut untuk bertumbuh dan Schwab telah mempertahankan posisi sebagai dominasi pasar.
Secara tidak mengejutkan, hampir secara bersamaan, SEC mengumumkan rencananya untuk mengeluarkan pedoman untuk meningkatkan perdagangan pada internet. Pedoman tersebut menyebutkan bahwa penggunaan media elektronik harus ditingkatkan hingga mencapai level yang sama dengan penggunaan kertas. Internet menyediakan kesempatan perubahaan teknologi yang besar dan inovasi.
Komentar Wallman dilihat sebagai sebuah refleksi dari administrasi Clinton secara umum yang mendukung perdagangan elektronik. Karena ijin berkondisi padaa maret 1996 yang menyetujui berdirinya Klen’s spring Street Brewing Company, ratusan perusahaan telah menyatakan ketertarikannya dalam keamanan perdagangan melalui Web pada saat panduan SEC dipublikasikan. Akhir-akhir ini, SEC telah membuat posisinya menjadi lebih jelas. Arthur Levitt, Jr., direktur dari Sec mengatakan bahwa agency telah mengajukan untuk membiarkan beroperasinya sistem perdagangan alternatif dengan peraturan yang minimal. “Sekarang, filosofi dasar untuk keluar ketika masih menyediakan perlindungan investor”, komentar Levitt. Berdasarkan ini SEC melaporkan pada agustus 1998 bahwa ia telah menerima 120 e-mail setiap hari dari investor online yang mengomplain penipuan potensial stok dan sejenisnya. Untuk merespon dari kekuatiran ini SEC telah mendirikan sebuah kantor Internet Enforcement, yang dikepalai oleh John reed Stark. Sejak 1999, SEC lebih banyak berbicara dalam mengkritik industri broker online dalam jangka waktu yang pendek. Karena commission menginginkan untuk mempertahankan posisi investasi online yang positif dan supportif, juga telah mengurangi kecelakaan industri yang disebabkan karena kesalahan informasi atau pemasaran seperti halnya dalam meyakinkan bahwa betapa pentingnya pendidikan investor dimana selama ini kurang ditekankan.
Tentu saja tidak dapat yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan dengan tepat. Berdasarkan pada tren industri saat ini bagaimanapun penyebaran sikap melalui kebijakan investor cenderung bahwa investasi online akan berlanjut untuk berkembang dan berprospek. Penyedia layanan cyberfinance menjadi lebih memuaskan sebagaimana kebutuhan dan permintaan dari investor online. Belajar dari mengapa anda harus mempertimbangkan pengambilan keputusan dan comparison tool. Periksalah profile broker dan ijinkan kami menghubungkan anda dengan broker online yang paling memenuhi kebutuhanmu, kebutuhan individual dan keinginan pribadi. Jutaan account baru yang dibuka menyebabkan persaingan dan service yang lebih baik diantara broker. Sangat jelas bahwa investasi online sangat tepat dilakukan pada tempat ini.

Thursday, February 10, 2005

Tugas 1 Esensi Komputer - Cannibalizing Its Own Firm

Cannibalizing Its Own Firm
Adalah perusahaan yang mengeluarkan kebijakan bisnis dimana dampak dari kebijakan yang dikeluarkan tersebut merugikan perusahaan itu sendiri tetapi hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang.Contoh: Pada eSchwab adalah broker yang pada awalnya hanya bergerak secara offline yang kemudian dibuat secara online sehingga dengan adanya sistem dari eSchwab yang online membuat bisnisnya yang secara offline tidak berkembang bahkan mulai kalah bersaing dengan bisnisnya yang online.

Tugas 1 Esensi Komputer - Entering 2nd Generation

1. Entering 1st Generation of E-commerce
Paga generasi pertama dari e-commerce yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah perusahaan yang dapat mengaplikasikan bisnisnya secara online (menawarkan barang secara online) dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap seperti sistem pencarian data barang, pemesanan hingga pembayaran barang.
2. Entering 2nd Generation of E-Commerce
Sedangkan pada generasi ke dua, yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah upaya dalam mengarahkan konsumen sehingga menjelajah situs dan berhasil membuat konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian karena kenyamanan dalam situs.
Ada 3 dimensi dalam navigasi konsumen:
- Reach = berhubungan dengan koneksi dan kemudahan konsumen untuk mengakses website perusahaan
- Affiliation = mempresentasikan tentang siapa yang tertarik akan bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Richness = banyaknya informasi konsumen yang didapatkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat melayani konsumen sehingga pelanggan tersebut menjadi setia karena diberikan fasilitas-fasilitas oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya.

Tugas 1 Esensi Komputer - Brick and Mortar & Click and Mortal

1. Brick and Mortar
Merupakan sistem bisnis dalam penjualan dimana dalam melakukan proses transaksi kedua belah pihak (pembeli dan penjual) harus bertemu secara langsung pada tempat tertentu kemudian melakukan transaksi.
2. Click and Mortar
Sistem bisnis yang memiliki ciri-ciri proses transaksi dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media untuk mencari barang sampai pembayaran barang yang dibeli. Kemudian barang yang dibeli dapat diantar kepada konsumen. Selain itu juga ada toko secara fisiknya.

Tugas 1 Esensi Komputer - EB = EC + BI + CRM + SCM + ERP

1. EB = EC + BI + CRM + SCM + ERP

EB = E-Business
didefinisikan sebagai pengoptimasian dari sebuah bisnis secara kontinue melalui teknologi digital.
EC = e-Commerce
menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi baik dalam pembelian maupun penjualan barang
BI = business intelligence
mengumpulkan informasi utama dan tambahan tentang daerah pemasaran
CRM = customer relationship management
strategi untuk memuaskan konsumen dan membentuk hubungan yang baik dengan konsumen sehingga konsumen menjadi pelanggan yang setia sehingga pelanggan tersebut banyak melakukan transaksi pembelian
SCM = supply chain management
mendistribusikan produk dari distributor secara efisien dan efektif kepada konsumen
ERP = enterprise resource planning
mengoptimasikan proses bisnis dan mengurangi biaya dalam proses bisnis

Monday, February 07, 2005

Tugas 2 : DotCom Boom

2. Dotcom Boom

Perusahaan dot-com (disebut juga dotcom atau dot.com) adalah awal mulanya perusahaan-perusahaan menjual produk atau jasa menggunakan atau berhubungan dengan internet. Mereka berkembang pada akhir 1990 sehingga terjadilah dot-com boom, sebuah kegilaan spekulatif dalam investasi dalam internet dan perusahaan serta stok secara teknikal yang berhubungan dengan internet. Nama tersebut didapatkan dari banyak perusahaan yang menggunakan akhiran “.com” dalam menciptakan nama perusahaan.

Sebuah perusahaan “dot-com” model bisnisnya bergantung pada efek jaringan untuk memberi alasan hilangnya uang untuk mendapatkan pangsa pasar, atau bahkan “mindshare” dengan memberikan produk mereka secara gratis dengan harapan mereka mendapat tibal balik dari tindakan tersebut. Banyak meningkatkan uang melalui penawaran publik pada pasar saham, dengan saham yang sering membumbung tinggi dan membuat perusahaan menjadi kaya diatas kertas. Perusahaan dot-com kebanyakan memiliki manajer muda dan tak berpengalaman menggunakan kaos polo dengan kantor mewah.

Perusahaan secara berkala mengadakan pesta atau pameran dengan membagikan bolpen, kaos atau benda lain secara gratis dimana tercantum logo perusahaan mereka pada benda-benda tersebut. Perusahaan juga membutuhkan jam kerja yang panjang dan tekanan yang tinggi.

Sebuah event tahunan dimulai pada 1996, the Webby Awards memilih website terbaik di internet. Event ini diadakan secara besar-besaran tiap tahun di San Fracisco, California, dekat dengan pusat Silicon Valley. Upacara mencerminkan gaya hidup dot-com dengan tamu-tamu berkostum, penari modern dan paparazzi untuk membuat para undangan merasa penting. Puncak dari event ini pada 2001 dengan ribuan kehadiran. Pada 2002, acara tersebut hanyalah acara yang suram dengan beberapa ratus tamu saja dan sedikit kelebihan pada akhir 1990. Pada 2003, award tersebut dikurangi menjadi event virtual karena banyak calon pemenang tidak dapat terbang ke San Francisco karena pengencangan sabuk perusahaan. Selama masa boom, para tamu dapat pergi sejenak dari pekerjaan mereka tanpa takut kehilangan pekerjaan mereka.

Saham yang Membumbung Tinggi (Soaring Stocks)

Sebuah gelembung pasar saham dalam pasar keuangan adalah istilah yang diberikan kepada sebuah peningkatan atau boom dalam harga saham dari industri sejenis (dot-com), dan diaplikasikan hanya dalam tinjauan kembali ketika harga saham kemudian hancur. Secara tipikal, banyak perusahaan kemudian menjadi dihargai secara berlebihan. Ketika gelembung tersebut meledak, saham menjadi berharga sebagian kecil dari harga pada saat boom terjadi, dan banyak perusahaan keluar dari bisnis tersebut.

Pada akhir 1990 boom dalam saham perusahaan teknologi dot-com adalah contoh yang baik dari gelembung, dimana meledak pada akhir 2000 hingga 2001. Perusahaan model dot-com menjadi cacat: sejumlah kecil perusahaan semuanya memiliki rencan bisnis yang sama dengan memonopoli sektor yang dihargai melalui efek jaringan, dan sangat jelas walaupun rencana tersebut sangat bergaung, hanya dapat setidaknya satu pemenang efek jaringan dalam setiap sektor, dan karena itu juga banyak perusahaan dengan rencana bisnisnya menjdai gagal. Kenyataannya, banyak sektor tidak dapat mendukung bahkan satu perusahaanpun yang di dukung sepenuhnya dengan kekuatan jaringan.

Kebalikan dari hal ini, keberuntungan besar dibuat oleh beberapa pendiri perusahaan yang perusahaannya dibeli pada awal-awal gelembung pasar saham dot-com. Sukses awal ini membuat gelembung tersebut bahkan lebih besar.

Pengeluaran Bebas (Free Spending)

Dot-com boom memiliki sebuah istilah sendiri termasuk “dot-com millionaire”, “burnrate” dan IPO (initial publi offering). Frase “Get large or get lost” diterima kebijakan sebagai sebuah jendela dari kesempatan mengisyaratkan kepada harapan pemilik perusahaan dan investor.

Pada ketinggian dari boom ada kemungkinan untuk menjanjikan dot-com untuk membuat penawaran awal kepada publik untuk saham mereka dan meningkatkan sebuah muatan uang yang besar meskipun hal tersebut tidak pernah membuat sebuah keuntungan, membuat kepala dan pekerjanya, dimana sebagian telah dibayar dengan saham dari miliuner dot-com yang instan. Tetapi kemudian masalah kebakaran tingkat saham datang kedalam permainan sebagaimana uang telah dihabiskan dalam operasi dari sebuah perusahaan dimana tidak menghasilkan sebuah keuntungan dan tidak memiliki model bisnis yang dapat berjalan.

Sebagai contoh dari pengeluaran bebas oleh dot-com tampak dalam perbandingan iklan pada tahun 2000 dan 20001 Super Bowls. Tujuh belas perusahaan dot-com membayar lebih dari dua juta dollar untuk 30 detik iklan selama Januari 2000 Super Bowl. Pada Januari 2001, hanya tiga dot-com membeli tempat untuk iklan.

Dot-com boom memiliki pengaruh utama yang kuat pada daerah kota tertentu seperti Sillicon Valley, research Triangle Park, North Carolina dan Austin, Texas. Secara sejarah dot-com boom dapat dilihat mirip dengan sejumlah teknologi lain yang menginspirasi boom pada masa lampau termasuk jalur kereta api pada tahun 1840, radio pada 1920, transistor elektronik pada 1950 dan komputer rumah serta bioteknologi pada akhir 1980.

Penipisan Kumpulan (Thinning the Herd)

Gelembung dot-com meledak pada 2001. Sejumlah besar dot-com sekarang mengejar perdagangan, setelah terbakar melalui modal resiko mereka, sering tanpa pernah membuat keuntungan yang besar, sehingga menjadi dot-compost. Sejumlah perusahaan berasosiasi dengan dot-com boom telah dituduh sebagai tertuduh penipuan. Fenomena dot-com telah dideskripsikan dengan sejumlah nama lain yang tidak enak, termasuk dot-con dan dot-bomb.

Beberapa alasan diberikan, kenapa gelembung meledak ketika enam rate yang menarik dibuat meningkat oleh Federal Reserve pada 1999 dan awal 2000 akhirnya mengejar perekonomian. Alasan lain adalah meningkatnya pengeluaran bisnis secara cepat untuk persiapan menghadapi pergantian Y2K. Sekali tahun baru terlewati tanpa kejadian, bisnis memiliki semua perlengkapan yang mereka butuhkan untuk beberapa waktu dan pengeluaran bisnis mengering. Hal ini berhubungan dekat dengan puncak dari pasar saham U.S. Dow Jones memuncak pada Januari 2000 sedangkan Nasdaq pada Maret 2000.

Sedikit dari perusahaan dot-com yang didirikan termasuk Amazon.com dan eBay telah selamat dari kekalutan ini dengan baik, dan tampak memiliki kesempatan bagus untuk jangka waktu yang lama untuk bertahan. Mesin pencari Google tidak dipertimbangkan sebagai perusahaan dot-com. Dokumenter e-Dreams (2002) melukiskan takdir dari Kozmo.com, sebuah permulaan yang unik dijanjikan dengan pengiriman satu jam. Majalah online SatireWire mempermainkan gelembung dot-com.

Daftar perusahaan dot-com yang terkenal :
Amazon.com
Double-click
eBay
Kozmo.com
Napster
PayPal
Pets.com
Webvan
Yahoo!

Tugas 2 Esensi E-Commerce : Contoh-contoh E-Business Model

1. Product
- digital value through new product = pada site www.hotmail.com menyediakan fasilitas web mail dimana hal ini merupakan produk baru yang diluncurkan sebagai akibat munculnya internet.

2. Price
- Cost reduction by e-marketing = pada site www.bpkgm.com merupakan site yang menjual buku renungan dan buku-buku rohani. Dengan adanya sistem secara online yang dilakukan yaitu jika ingin berlangganan buku renungan hanya cukup mengirim email / mengisi form di sitenya dan mengirimkan / meng-fax bukti pembayaran ke bpk. Hal ini mengurangi dana yang dikeluarkan pihak bpk untuk menyediakan formulir pendaftaran untuk pelanggan baru.
- Negotiation = pada site www.ebay.com dimana site ini merupakan site untuk menawarkan pelelangan.
- Segmented Pricing = pada site www.mackro.co.id menawarkan daftar harga barang-barang yang dijual pada toko makro dimana harga yang ditawarkan dibagi menjadi 2, yaitu harga yang berlaku untuk daerah di pulau jawa dan daerah yang ada di luar jawa.

3. Place (Distribution)
- Content sponsorship = pada site www.yahoo.com yang merupakan portal juga menyediakan fasilitas webmail dan disertai iklan dari pihak sponsor yahoo.
- Direct selling = pada site www.amazone.com merupakan toko buku yang langsung menjual buku-buku dari penerbit kepada customer. Selain itu juga penjualan buku bekas dari pemilik lama langsung ke customer.
- Infomediary = pada site http://www.b2byellowpages.com menyediakan fasilitas penyedian informasi dari daftar perusahaan-perusahaan di indonesia.
- Intermediaries (Broker, Agent, E-Tailer) = pada site www.ebay.com yang merupakan broker dimana ebay bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak.

4. Promotion (Marketing Communication)
- Online advertising = banyak site yang melakukan promosi lewat online advertising. Salah satu yang sering dijumpai adalah iklan screen saver yang ada di www.yahoo.com, yaitu www.screensaver.com
- Online sales promotion = site yang menawarkan sales promotion contohnya adalah www.cintaniaga.com dimana site ini menawarkan bonus-bonus dari bank niaga sehingga menarik konsumen untuk ikut membuka rekening di bank niaga.
- Content publishing = pada site www.amazone.com menyediakan fasilitas-faslitas penjualan buku yang kadang-kadang ada beberapa buku yang diberikan sampel / contoh dari isi buku tersebut.
- E-mail = pada site ini www.winboost.com akan mengirimkan tawaran kepada pembeli produk software yang dibuat untuk produk-produknya yang akan datang.

5. Relationship Marketing
- CRM = dengan adanya email-email untuk customer service seperti www.bankniaga.com dengan alamat email customer servicenya cic@cintaniaga.com akan meningkatkan CRM antara pihak bank dengan nasabah.
- Community building = pada site www.yahoo.com terdapat fasilitas news group yang dapat membentuk komunitas untuk hobi yang sama.

Tugas 2 Esensi E-Commerce : Contoh hubangan antara G2C (Government To Citizen)

1. Kota Evanston, IL telah menyediakan fasilitas online yang memungkinkan untuk melakukan protes terhadap karcis parkir tanpa harus pergi ke pengadilan. Caranya adalah dengan menuju ke website evanstonil kemudian mengisi form dan mengirimkan form tersebut ke bagian permintaan peradilan kemudian akan menerima paling cepat dalam 1 minggu sebuah hasil keputusan yang telah dibuat. Evanston juga menawarkan warga negaranya dengan berbagai-macam pembayaran secara elektronik untuk membayar tagihan listrik, sampah dan air.
2. Negara bagian Virginia yaitu site Departement of Motor Vehicles. Site ini menyediakan fasilitas untuk mendesignkan dan mengajukan surat ijin karya sendiri dan dapat mengganti alamat serta dapat memperbarui surat ijin mengemudi mereka. Sudah tentu site tersebut diproteksi dan tersedia fasilitas secure onlinenya.
3. Ibu Kota Plano, TX menyediakan pemilihan secara online dimana hal tersebut membawa keuntungan dalam bentuk penghematan dana sebesar 50% lebih hemat jika dibandingkan dengan cara tradisional.
4. Government to Customer (G2C) http://www.govt.nz/en/home/
Situs ini merupakan situs pemerintah dari negara Selandia Baru yang menyediakan pelayanan terhadap warganya contoh pelayanannya seperti memperoleh akte/data kelahiran dan daftar perjalanan. Selain itu juga terdapat pelayanan terhadap penduduk Maori, selain itu kita juga dapat mempelajari tentang negara, masyarakat, system pemerintah yang ada.

Tugas 2 Esensi E-Commerce : Contoh hubungan antara B2G (Business To Government)

Hubungan antara business to government sering juga dikenal sebagai e-government. B2G adalah salah satu ide dimana badan-badan pemerintah dengan perusahaan bisnis dapat bersama-sama menggunakan pusat Web site untuk melakukan transaksi bisnis yang saling berinteraksi dengan yang lain sehingga lebih efisien daripada pemakaian web. Contohnya:
1. FindLaw adalah contoh dari site yang menawarkan pelayanan B2G dimana menyediakan sebuah tempat khusus untuk mencari informasi dokumen dari pemerintah, form untuk perpajakan dan form-form isian dari berbagai daerah, negara bagian dan organisasi pemerintah federal.
2. Australian Taxation Office mengijikan pembayar pajak untuk mendownload form dan mengirimkan secara elektronik hasil isian dari form pajak tersebut, mengirimkan kembalik Business Activity Statements (BAS), mengajukan pertanyaan dan menerima informasi dari berbagaimacam persoalan perpajakkan.
3. FindItOnline adalah site yang menyediakan daftar perusahaan yang telah menyetorkan pajak. (Pemasukkan pajak)
4. Busniness to Government (B2G) http://www.b2gfree.com
Situs ini menyediakan sarana bagi perusahaan untuk melakukan transaksi bisnis dengan pemerintah seperti transaksi dalam bidang transportasi, kesehatan, dan lainnya. Perusahaan B2Gfree ini terletak di Massachusetts. Tujuan utama dari perusahaan ini adalah berusaha menemukan tawaran dari proposal yang dipasang oleh pemerintah di wilayah universitas, sekolah, dan perusahaan besar yang lain. Kemudian perusahaan ini akan mengatur dan merancang hubungan mereka dengan menyusunnya ke dalam bentuk menu navigasi yang mudah. Dengan demikian diharapkan melalui site ini dapat ditemukan tawaran dari pemerintah.

1. EB = EC + BI + CRM + SCM + ERP

EB = E-Business
didefinisikan sebagai pengoptimasian dari sebuah bisnis secara kontinue melalui teknologi digital.
EC = e-Commerce
menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi baik dalam pembelian maupun penjualan barang
BI = business intelligence
mengumpulkan informasi utama dan tambahan tentang daerah pemasaran
CRM = customer relationship management
strategi untuk memuaskan konsumen dan membentuk hubungan yang baik dengan konsumen sehingga konsumen menjadi pelanggan yang setia sehingga pelanggan tersebut banyak melakukan transaksi pembelian
SCM = supply chain management
mendistribusikan produk dari distributor secara efisien dan efektif kepada konsumen
ERP = enterprise resource planning
mengoptimasikan proses bisnis dan mengurangi biaya dalam proses bisnis


2. Brick and Mortar
Merupakan sistem bisnis dalam penjualan dimana dalam melakukan proses transaksi kedua belah pihak (pembeli dan penjual) harus bertemu secara langsung pada tempat tertentu kemudian melakukan transaksi.
Click and Mortar
Sistem bisnis yang memiliki ciri-ciri proses transaksi dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media untuk mencari barang sampai pembayaran barang yang dibeli. Kemudian barang yang dibeli dapat diantar kepada konsumen.


3. Entering 1st Generation of E-commerce
Paga generasi pertama dari e-commerce yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah perusahaan yang dapat mengaplikasikan bisnisnya secara online (menawarkan barang secara online) dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap seperti sistem pencarian data barang, pemesanan hingga pembayaran barang.
Entering 2nd Generation of E-Commerce
Sedangkan pada generasi ke dua, yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah upaya dalam mengarahkan konsumen sehingga menjelajah situs dan berhasil membuat konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian karena kenyamanan dalam situs.
Ada 3 dimensi dalam navigasi konsumen:
- Reach = berhubungan dengan koneksi dan kemudahan konsumen untuk mengakses website perusahaan
- Affiliation = mempresentasikan tentang siapa yang tertarik akan bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Richness = banyaknya informasi konsumen yang didapatkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat melayani konsumen sehingga pelanggan tersebut menjadi setia karena diberikan fasilitas-fasilitas oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya.

5. Cannibalizing Its Own Firm
Adalah perusahaan yang mengeluarkan kebijakan bisnis dimana dampak dari kebijakan yang dikeluarkan tersebut merugikan perusahaan itu sendiri tetapi hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang.
Contoh: Pada eSchwab adalah broker yang pada awalnya hanya bergerak secara offline yang kemudian dibuat secara online sehingga dengan adanya sistem dari eSchwab yang online membuat bisnisnya yang secara offline tidak berkembang bahkan mulai kalah bersaing dengan bisnisnya yang online.