Monday, February 28, 2005

Tugas 5 - No.3 Micro Payments

MICRO PAYMENTS

Definisi

Sebuah micro payments didefinisikan sebagai sebuah transaksi dengan biaya rendah ( secara tipikal dirange dari beberapa sen sampai dengan 10 Euro ), untuk digital atau item fisik dibeli melalui atau download/direkam kedalam peralatan mobile dan/atau komponennya dan dibayar dalam bentuk ekuivalen kontan, sebagai contoh sebuah akun telepon prabayar, nilai akun tersimpan atau tagihan telepon.

Model Bisnis / Kasus Bisnis

Micro-payments menawari operator kesempatan untuk menciptakan sumber pendapatan baru. Operator ditempatkan dengan baik untuk menyediakan servis micro-payments melalui landasan pelanggan yang tercipta, sistem penagihan dan teknik pemeriksaan kebenaran sederhana dimana sektor lainnya sekarang tidak dapat disediakan secara global. Bagaimanapun juga, pemain lain serius melihat pilihan mereka termauk, Penyedia Layanan Keuangan, Penyedia Infrastruktur Jaringan dan Pembayaran, Perusahaan Peralatan Terminal, Portal Internet, Pedagang dan lainnya.

Beberapa operator sekarang menyediakan layanan micro-payments lokal seperti parkir, penjualan tiket, mesin penjual dan lain-lain. Bagaimanapun juga, batasan untuk meluaskan layanan dalam sebuah lingkungan cross border dibatasi karena adopsi dari solusi dengan interface yang berbeda dan absennya sebuah merchant management tier untuk menangani hubungan ‘many to many’ yang akan bergabung. Tidak hanya demikian, operator dapat berharap untuk menggunakan sebuah pendekatan blok bangunan untuk micro payment rolling out dalam sebuah kebiasaan bertahap. Harus dicatat bahwa micro-payments untuk beberapa produk lainnya membutuhkan dukungan manajemen yang lebih baik dan infrastruktur yang dapat mempengaruhi, biasanya selama roll-out yang lebih cepat, sebuah pembelokan dari persentase lebih tinggi dari produk/layanan virtual yang ditawarkan.

Dalam memberi fasilitas perluasan layanan dan untuk meyakinkan skala ekonomi, operator harus :
- Setuju mengadopsi sebuah core set dari prinsip operasi termasuk sebuah solusi infrastruktur global terdefinisi yang mampu menangani inter-operability, relationship management, clearing dan settlement functions.
- Bekerja dengan pemain industri lain. Sebagai contoh, operator mungkin butuh untuk membagi pendapatan dengan penyedia isi dan aplikasi dilain pihak potensi yang ada untuk menyediakan nilai layanan yang ditambahkan ke sektor Layanan Keuangan melalui penambahan layanan dan pemberian fasilitas layanan banking tradisional seperti menyediakan mobile stocks dan informasi harga share/perdagangan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home