Monday, February 28, 2005

Tugas 4 Esensi Komputer - Macam-macam cara pembayaran

Online Payment

1. Mobile Phone
Menggunakan fasilitas mobile phone untuk mengirim sms ke server bank dan dengan sms ini maka bank akan melakukan instruksi dari perintah sms tersebut.

2. e-Mail
Dengan menggunakan e-Mail, maka pemilik rekening dapat mengirimkan email kepada pihak bank dimana email tersebut memiliki format instruksi yang digunakan untuk transaksi seperti transfer dana ke rekening yang dituju.

3. Online Debit
Sama dengan penggunaan kartu kredit, akan tetapi penggunaannya memasukkan kode-kode kartu untuk transaksi melalui internet.

4. Online Giro Transfer
Pembayaran dilakukan melalui surat giro, akan tetapi surat giro tersebut dalam bentuk elektronik dan ditransfer / dikirim lewat internet sehingga penerima giro tersebut sudah menerima pembayaran dari pengirim

5. Paperbased Debit

6. Paperbased Giro Transfer

7. Cash Upon Delivery

8. Digital P2P Payment (PayPal, Playbox)
Pembayaran melalui internet dengan menggunakan pihak ke 3 sebagai perantara untuk melakukan transaksi. Dimana segala sesuatu mengenai keamanan, proses penerimaan dan lainnya yang berhubungan dengan masalah pembayaran akan diaturkan oleh pihak ke 3.

9. Electronic Wallet / Smart Cards (CASH)
Dikeluarkan oleh lemaga keuangan yang digunakan pembayaran secara proximity. Selain itu pembayaran sering digunakan untuk transaksi dalam kecil (micro payment). Biasanya memiliki limit 300 CHF / kartu. Sistemnya pre-paid. Nilai nominal disimpan pada smart card atau komputer (Digicash-eCash). Dampak bagi pelanggan adalah memerlukan pengisian kembali, sangat terbatas dalam menggunakannya pada tempat-tempat yang bisa menerimanya. Dampak bagi merchant adalah sistem rumit dapat dihindarkan, praktis.

10. Electronic Checks
Dikeluarkan oleh bank untuk pembayaran elektronik secara terkontrol. Dapat digunakan untuk pembayaran dalam jumlah besar maupun kecil (micro/macro payments). Memiliki limit yang beraneka. Pembayaran dilakukan secara langsung dan checks tersebut ditransfer melalui internet. Keuntungannya adalah semua transaksi harus di autentifikasi dan menggunakan digital signature sehingga keamanan dapat terjaga. Sedangkan untuk kerugiannya adalah tidak standar dalam penggunaan komputer, kadang-kadang memerlukan komponen / software khusus dan koneksi internet.

Offline Payment

1. Prepaid System
Pembayaran dilakukan dengan membeli voucher-voucher untuk membayar transaksi yang nanti terjadi

2. Debit Card
Dikeluarkan oleh lembaga keuangan yang digunakan untuk pembayaran jarak dekat untuk transaksi dalam jumlah yang sangat besar. Debit card ini memiliki limit 1000 CHF setiap bulan. Cara pembayarannya adalah secara langsung dan sangat sukses digunakan di negara Switzterland. Keuntungan bagi customer adalah biaya administrasi tahunan biasanya hanya satu kali yaitu biaya pembuatan kartu, aman, dapat digunakan pada merchant yang luas dan tidak kredit.

3. Credit Card
Dikeluarkan oleh badan keuangan seperti visa, mastercard, amex. Digunakan untuk pembayaran secara terkontrol dalam dunia maya sehingga jarak tidak membatasi pembayaran. Digunakan untuk pembayaran dalam jumlah besar (tidak efisien untuk pembayaran dalam jumlah kecil dikarenakan biaya administrasinya). Limit kartu dapat bervariasi dan pembayaran dilakukan pada akhir bulan. Dampak bagi pelanggan adalah biaya administrasi tahunan, dapat diterima dibanyak tempat, ada merchant yang mengenakan biaya, dan tidak aman. Sedangkan dampak bagi merchants adalah biaya installasi peralatan pendukung, komisi dan resiko yang mungkin besar.

4. Bank Transfer
Transfer lewat rekening bank.

5. Pembayaran lewat surat giro

6. Pembayaran lewat check

0 Comments:

Post a Comment

<< Home