Monday, February 14, 2005

Tugas 3 Esensi Komputer - ODP History

ODP History

* Motivation and founders
ODP ditemukan sebagai Gnuhoo oleh Rich Skrenta dan Bob Truel pada 1998. Pada saat itu, Skrenta dan Truel bekerja sebagai insinyur untuk Sun Microsystems. Chris Tolles, yang bekerja pada Sun Microsystems sebagai kepala pemasaran untuk produk keamanan jaringan, juga terdaftar pada 1998 sebagai co-founder dari Gnuhoo bersamaan dengan co-founders Bryn Dole dan Jeremy Wenokur. Skrenta telah dikenal baik untuk perannya dalam mengembangkan TASS, sebuah leluhur dari TIN, Usenet newsreader yang populer untuk sistem Unix. Secara tidak sengaja, struktur kategori asli dari direktori Gnuhoo didasari secara goyah oleh struktur dari Usenet newsgroup pada perkembangannya.

* Gnuhoo to Newhoo to the Open Directory Project
Direktori Gnuhoo bangkit pada 5 Juni 1998 dan diganti dengan nama Newhoo setelah sebuah artikel Slashdot dipasang, dimana poster mengklaim bahwa Gnuhoo tidak memiliki persamaan dengan semangat dari software gratis hingga kemudian proyek GNU dikenal dan sebuah perusahaan komersil mencari untuk membangun sebuah alternative untuk Yahoo! menggunakan pekerja sukarela.
(http://slashdot.org/article.pl?sid=98/06/23/0849239)

Newhoo menjadi ODP setelah dibeli oleh Netscape Communications Corporation dengan harga $1 juta pada oktober 1998 dan isinya dibebaskankan dengan ketentuan sebuah open content license. Tidak lama kemudian Netscape dibeli oleh AOL, dan ODP adalah salah satu aset tambahan. AOL kemudian bergabung dengan Time-Warner.

* Directory growth and maturation
Disaat Netscape menerima kepengurusan, Open Directory Project memiliki sekitar 100,000 URL yang diindeks dengan kontribusi dari sekitar 4500 editor. Pada 5 Oktober 1999, jumlah dari URL diindeks oleh ODP mencapai satu juta. Menurut estimasi tidak resmi (http://www.geniac.net/odp/), jumlah URL dalan Open Directory melampaui jumlah URL dalam Yahoo! direktori pada April 2000 dengan sekitar 1.6 juta URL. ODP mencapai tonggak sejarah dari pengindeksan dua juta URL pada 14 Agustus 2000, dan tonggak sejarah dari tiga juta daftar dicapai pada 18 November 2001. Pada Juni 2004, ODP memiliki 4.4 juta daftar yang diatur kedalam lebih dari 590,000 kategori diperoleh dari kontribusi 63,000 editor. Pada Juli 2003, jumlah account editor yang aktif (yang merupakan login editor belum disingkirkan, secara sukarela didaftarkan kembali, atau diberi batas waktu karena ketidak aktifan selama empat bulan) adalah lebih dari 9,000.

* Competing and spinoff projects
ODP telah memberi inspirasi untuk formasi dari dua web direktori besar lainnya yang diedit secara sukarela dan disponsori oleh perusahaan publik: Go directory yang sudah mati (sebelumnya dimiliki oleh Perusahaan Walt Disney), dan Zeal (dibeli oleh LookSmart).

Bagaimanapun juga, tidak satupun dari web direktori ini yang memiliki ijin mengenai isi mereka untuk penyebaran open content, sebuah strategi dimana menjamin kesuksesan ODP dalam pasar yang bersaing ketat. Konsep untuk menggunakan komunitas dengan skala besar untuk editor dalam mengkompilasi online content telah menjadi sukses diaplikasikan ke tipe proyek lain seperti Wikipedia.

Tiga proyek open content telah terinspirasi oleh ODP editing model: sebuah open content restaurant directory diketahui sebagai ChefMoz (diluncurkan oleh manajemen ODP), sebuah open content music directory dikenal sebagai MusicMoz, dan sebuah ensiklopedia dikenal sebagai Open Site. Bagaimanapun juga, tidak ada satupun dari tiga situs tersebut yang belum mencapai sukses pada level ODP.

* ODP content

* Organization and scope of content
ODP menggunakan sebuah skema hirarki ontologi untuk mengatur daftar situs. Daftar pada topik yang sama digroupkan ke dalam beberapa kategori, dimana kemudian dapat dimasukkan kedalam kategori yang lebih kecil.

Gnuhoo meminjam inisial ontologinya dari Usenet. Sebagai contoh, topik yang dibahas oleh comp.ai.alife newsgroup diwakili oleh kategori Computers/AI/Artificial_Life. Divisi sesungguhnya adalah Adult, Arts, Business, Computers, Games, Health, Home , News, Recreation, Reference, Regional, Science, Shopping, Society, dan Sports. Ketika lima belas kategori top-level telah lengkap, ontologi dari level kategori kedua dan yang lebih bawah telah menjalani sebuah evolusi perlahan-lahan; perubahan signifikan diawali dari diskusi antar editor, dan kemudian diimplementasikan ketika konsensus telah dicapai.

Pada Juli 1998, direktori menjadi multilingual dengan penambahan dari kategori top-level World. Sisanya hanya kategori untuk direktori situs berbahasa Inggris. Pada Juli 2003, enam puluh tujuh bahasa telah diwakili. Ketika komponen Inggris dari direktori menangani hampir 75% dari situs, pertumbuhan rate dari komponen non-Inggris dari direktori lebih besar dibandingkan komponen Inggris selama 2002 dan 2003. Ontologi dalam kategori non-Inggris secara umum mencerminkan bahwa direktori Inggris, meskipun pengecualian yang mencerminkan beragam bahasa cukup umum.

Beberapa kategori top-level memiliki karakteristik yang unik. Kategori dewasa tidak muncul pada direktori homepage, tetapi sepenuhnya tersedia dalam sampah RDF yang disediakan ODP. Ketika bagian terbesar dari direktori dikategorikan utama berdasarkan topik, kategori regional dikategorikan utama berdasarkan daerah. Hal ini telah membawa banyak orang memandang ODP sebagai dua direktori yang paralel: Regional dan Topikal.

Pada 14 November 2000, sebuah direktori spesial dalam Open Directory diciptakan untuk orang dibawah 18 tahun. Faktor utama mengadakan "Kids and Teens" (http://dmoz.org/Kids_and_Teens/) area dari direktori utama adalah:
· Garis pedoman yang lebih ketat dimana membatasi daftar situs yang ditargetkan atau cocok untuk orang-orang dibawah 18 tahun. (http://dmoz.org/kguidelines.html)
· Nama kategori sebagaimana deskripsi situs menggunakan kata-kata yang sesuai dengan umur.
· Tag umur pada setiap daftar mencerminkan isi yang tepat untuk anak (usia 12 dan bawahnya), remaja (13 hingga 15 tahun) dan remaja dewasa (16 hingga 18 tahun).
· Anak dan Remaja content tersedia sebagai sampah RDF yang terpisah.
· Mengedit ijin dilakukan supaya komunitas menjadi parallel ke Open Directory.
Pada April 2004, porsi dari Open Directory termasuk lebih dari 27,000 daftar situs.

* Directory maintenance
Daftar direktori dimaintain oleh editor setiap hari. Ketika beberapa editor fokus pada penambahan daftar baru, yang lain fokus pada memelihara daftar yang telah ada. Hal ini termasuk tugas seperti mengedit daftar individual untuk memperbaiki pelafalan dan/atau kesalahan gramatikal, sebagaimana juga memonitor status situs yang terhubung. Sedangkan lainnya menyuruh situs untuk menghilangkan spam dan submisson duplikat.

Robozilla adalah sebuah web crawler yang ditulis untuk mengecek status dari semua situs yang terdaftar dalam ODP. Secara periodik, Robozilla akan memberi flag ke situs yang telah pindah atau hilang, dan editor mengikuti untuk mengecek situs dan mengambil tindakan. Proses ini sangat kritis untuk direktori dalam usaha mencapai satu dari tujuan berdirinya: untuk mengurangi link yang busuk dalam direktori web. Sejenak setelah setiap editor menjalankan situs ditandai dengan error secara otomatis dipindah ke unreviewed queue dimana editor dapat menginvestigasi mereka jika waktu mengijinkan.

Karena kepopuleran Open Directory dan hasilnya yang mempengaruhi pada ranking search engine, bila kelupaan registrasi domain yang akan didaftarkan pada ODP akan menjadi gangguan yang menarik untuk pembajakan domain, dapat diatasi dengan menghapus domain kadaluarsa dari direktori.

Ketika pendanaan perusahaan dan staf untuk ODP telah dikurangi dalam beberapa tahun belakangan, kesukarelaan telah menghasilkan kreasi terus-menerus pada tool editing baru dan berkembang, seperti linkcheckers untuk suplemen Robozilla, category crawlers, spellcheckers, search tools yang secara langsung menyaring sebuah sampah RDF belakangan, bookmarklets untuk membantu mengotomasi beberapa fungsi editing, dan tool untuk membantu pekerjaan melalui queue yang belum direview dalam beberapa cara.

* License and requirements
ODP data dibuat tersedia untuk penyebaran open content dibawah lisensi Open Directory License (http://dmoz.org/license.html), dimana membutuhkan sebuah tabel atribut ODP yang spesifik pada setiap halaman web yang menggunakan data tersebut. Bagaimanapun juga, kebutuhan atribut sering diabaikan oleh pengguna dari data ODP, dan kemampuan dari lisensi ODP telah ditantang oleh beberapa pengguna data ODP. Pada saat yang sama, kemampuan lisensi ODP dibayangi oleh kenyataan bahwa pengguna dari data ODP yang tidak taat pada syarat-syarat dari lisensi menghasilkan sebuah keputusan besar dari kekeliruan akan meliputi komunitas editor sukarela ODP.

* RDF dumps
Data ODP dibuat tesedia melalui sebuah sampah RDF yang dipublikasikan pada sebuah server download yang terdedikasi (http://rdf.dmoz.org/). Sebuah archieve yang tidak lengkap dari versi sebelumnya juga tersedia (http://rdf.dmoz.org/rdf/archive/). Dari Agustus 2003, sebuah versi biasanya dipublikasikan mingguan pada Rabu atau Kamis. Pada masa lampau ada jarak dalam generasi sampah RDF , jarak terakhir lebih dari satu minggu adalah September 2002 hingga Februari 2003 (21 minggu) dan Juli 2003 (4 minggu). Sebuah ODP editor telah mengkatalogkan sejumlah bug yang ditemukan ketika mengimplementasikan sampah ODP RDF, termasuk UTF-8 error encoding (diperbaiki sejak Agustus 2004) dan sebuah RDF format yang tidak tunduk pada spesifikasi final RDF karena pembangkitan ODP RDF diimplementasikan sebelum spesifikasi RDF diselesaikan.
(http://rainwaterreptileranch.org/steve/sw/odp/rdflist.html).

Jadi, ketika hari ini, yang disebut sampah RDF adalah XML yang valid bukan RDF, tetapi sebuah format spesifik ODP. Software untuk memproses sampah ODP RDF butuh untuk mengambil tanggungan ini.

* Character encoding
Encoding karakter digunakan oleh situs ODP dulunya adalah ISO 8859-1 untuk Inggris dan sebuah set karakter yang tergantung bahasa untuk bahasa lain. Sejak 2000 sampah RDF telah diencode dalam UTF-8; akhir 2004 seluruh situs, termasuk kategori berbahasa Inggris, telah dikonversi ke encoding UTF-8.

* Users of ODP content
ODP data memberi tenaga ke direktori servis utama untuk banyak search engine dan portal terbesar, termasuk Netscape Search, AOL Search, Google, Alexa dan Alta Vista. Juga, Yahoo! Groups menggunakan ontologi dari sebuah sampah lama ODP. Pada 29 April 2004 daftar kategori ODP lisensi ODP mendaftar 277 website berbahasa Inggris yang menggunakan data ODP sebagaimana 168 situs dengan bahasa lain.
(http://dmoz.org/Computers/Internet/Searching/Directories/Open_Directory_Project/Sites_Using_ODP_Data/)

Bagaimanapun juga, banyak search engine menggunakan data ODP yang lama. Beberapa situs kecil berhenti menggunakan sampah RDF sebagaimana mereka tumbuh menjadi besar, memilih untuk menquery data secara nyata langsung dari website ODP.

Dalam konteks yang lebih besar, penggunaan semua web directories, termasuk Yahoo!, ODP, dan LookSmart, telah menolak secara signifikan sejak Google mendapatkan popularitas. Akhir kata, sebuah daftar ODP tetap merupakan sebuah daftar berharga karena kebaikannya dalam meningkatkan pengelihatan sebuah website dan Google PageRank. Pada musim semi 2004 Overture mengumumkan sebuah servis pencarian untuk pihak ketiga menggabungkan hasil pencarian Yahoo! dengan judul ODP, deskripsi dan kategori metadata.
(http://www.content.overture.com/d/USm/ps/wspi.jhtml)

* ODP policies and procedures

* Becoming an editor
Ada pembatasan dalam menentukan siapa yang dapat menjadi seorang editor ODP. Mekanisme utama gatekeeping adalah seorang editor pemroses aplikasi, mengepalai lewat editor meta ODP, dimana kandidat editor dibutuhkan untuk mendemonstrasikan kemampuan editing mereka dan memperlihatkan semua affliation dari website yang mungkin menyingkap sebuah konflik ketertarikan. Kurang lebih 90% dari pendaftar ini ditolak, tetapi mendaftar kembali adalah hal yang biasa.

* Editing model
ODP editing model adalah sebuah hirarki. Ketika menjadi seorang editor, seorang individu akan secara umum memiliki ijin mengedit hanya dalam sebuah kategori yang kecil. Sekali mereka telah mendemonstrasikan kemampuan editing dasar dalam pemenuhan dengan Editing Garis pedoman, mereka diterima untuk mendaftar ke hak istimewa tambahan dalam editing, atau sebuah kategori yang lebih luas, atau dalam sebuah kategori dimana saja dalam direktori. Hubungan penasehat antara editor dikembangkan, dan forum internal menyediakan sebuah kendaraan untuk editor baru untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan.

Kemudian, editor senior akan diberikan hak istimewa tambahan yang merefleksikan pengalaman editingnya dan kepemimpinan dalam komunitas editing. Yang secara langsung adalah hak istimewa editall, tetapi hanya untuk sebuah kategori direktori, kesamaan, hak istimewa catmod mirip seperti meta, tetapi hanya untuk sebuah kategori direktori. Hak istimewa catmv mengijinkan editor untuk membuat perubahan untuk ontologi direktori dengan memindahkan atau menamai kategori. Semua dari hak istimewa ini diberikan oleh staf, biasanya setelah diskusi dengan editor meta.

Pada Agustus 2004, sebuah level baru dari hak istimewa disebut admin diperkenalkan. Status administrator diberikan kepada sejumlah editor meta yang telah lama oleh staf. Administrator memiliki kemampuan untuk memberikan hak editall+ untuk editor lain dan untuk meningkatkan kebijakan directory-wide baru, wibawa yang sebelumnya hanya tersedia untuk root (staf) editor. Sebuah daftar penuh dari editor senior secara umum tersedia. (http://dmoz.org/edoc/editall.html)

* Editing garis pedoman
Semua editor ODP diharapkan ada oleh ODP Editing Garis pedoman. (http://dmoz.org/guidelines/) Garis pedoman ini mendeskripsikan: tipe apa dari situs yang mungkin didaftarkan dan yang tidak mungkin; bagaimana daftar situs harus diberi judul dan dideskripsikan dalam cara yang renggang dan konsisten; konvensi untuk menamai dan membangun kategori; konflik dari pembatasan interest pada editing dari situs dimana editor dapat memiliki atau mungkin dapat beraffiliate dengan; dan sebuah kode tingkah laku pada komunitas. Editor ditemukan telah melanggar garis pedoman ini dapat dihubungi oleh staff atau editor senior, memiliki ijin editing dipotong, atau, sebagai perhentian terakhir, kehilangan hak istimewa seluruhnya. ODP garis pedoman direvisi secara periodik setelah diskusi dalam forum editor.

* Site submissions
Motivasi sesungguhnya dari pembentukan Gnuhoo/Newhoo/ODP adalah frustasi bahwa banyak orang berpengalaman dalam mendapatkan situs mereka terdaftar pada Yahoo!. Bagaimanapun juga, Yahoo! semenjak mengalamatkan masalah ini dengan mengimplementasikan sebuah serivis pembayaran untuk pertimbangan waktu dari situs submisson, membuat situs submission bebas menjadi sebuah keuntungan tambahan dari ODP. ODP sekarang memiliki satu juta situs submission yang belum direview, dalam bagian besar karena spam dan situs yang dikumpulkan secara salah, membuat waktu pemrosesan yang sedang-sedang saja untuk sebuah situs dikumpulkan secara benar ke ODP kurang lebih enam bulan. Terlebih lagi, karena kepedulian tentang e-mail kejam, editor sukarela ODP telah dikurangi semangatnya dari mengkomunikasikan dengan pengumpul situs, meninggalkan banyak pengumpul situs berpikir kapan dan bagaimana situs mereka dipertimbangkan untuk masuk dalam ODP. ODP editor telah menset up sebuah forum publik dimana query-query mengenai status submission situs dapat diposkan (http://resource-zone.com/).

* Controversy and criticism

* Allegations of abusive editing practices
Telah lama ada dugaan bahwa editor ODP yang sukarela memberi perlakuan khusus terhadap websitenya sendiri sedangkan pada saat yang bersamaan menghalangi usaha baik untuk kompetisi mereka. Dugaan seperti itu dijawab oleh staf ODP dan meta editor, yang memiliki kekuasaan untuk mengambil tindakan disiplin melawan editor sukarela yang diduga menggunakan praktek editing yang kejam. Pada tahun 2003, ODP memperkenalkan Public Abuse Report System yang mengijinkan member dari masyarakat umum untuk melaporkan dan mendapatkan dugaan dari kekejaman editor dalam menggunakan bentuk online.
(http://report-abuse.dmoz.org/)

Dalam perkara federal yang dipublikasikan secara luas dimana masih dilakukan terus-menerus di Amerika Serikat, sebuah perusahaan hukum pajak terkenal dikenal dengan nama J.K. Harris mendapat sebuah perintah untuk siap-siap menahan dan memberi sebuah dakwaan awal melawan seorang editor ODP sukarela. Penuntut menduga pada bagian dimana editor dalam pertanyaan telah menggunakan praktek editing yang kejam telah melanggar kedua hukum, baik negara dan federal mengenai dilarangnya kompetisi yang tidak adil. Hakim Claudia Wilken, hakim daerah California, menemukan bahwa dugaan ini tidak memberikan pembebasan, tetapi memberikan kebebasan untuk kerjaan yang lain.
(http://www.eff.org/IP/20030328_taxes-com_amended_prelim_injunc.pdf)

Pada tanggal tersebut, staf penggajian ODP memberikan akses editing level tinggi pada ODP kepada karyawan content dari provider profesional seperti AOL dan Rolling Stone. Hal ini membawa dugaan kompetisi yang tidak adil pada ODP. Beberapa editor sukarela merasa hal ini harus dijual dengan prinsip "grass roots" berdasarkan ODP.

* Ownership and management of ODP
Dasar dari banyak kontroversial disekeliling ODP adalah kepemilikan dan manajemen. Banyak sukarelawan asli GnuHoo merasa bahwa mereka telah ditipu dengan mengikuti perusahaan komersil, tetapi kebanyakan kontroversi awal mati ketika proyek dinamai NewHoo. Terlebih lagi, ketika Netscape membeli proyek, menamainya menjadi ODP, dan melepaskan isi ODP dibawah sebuah lisensi open content, kritik dari ODP semuanya hilang. Bagaimanapun juga, sebagaimana komunitas editor pada ODP mulai bertumbuh, dan isi ODP mulai digunakan secara luas oleh banyak search engine besar dan web directory, permasalahan kepemilikan dan manajemen ODP muncul kembali.

Pada lahirnya ODP , ada dugaan kecil yang memberikan ide bagaimana ODP harus diatur, dan tidak ada forum resmi, garis pedoman, atau FAQ. Pokok permasalahannya, ODP mulai sebagai situs yang bebas untuk semua. Meskipun kemudian ODP mengatur forum internal editornya, banyak editor tidak memperhatikan bahwa forum ini ada hingga mereka diberi tau mengenai forum dari salah satu teman editornya. Terlebih lagi, ODP tidak memiliki garis pedoman pertamanya, editor ODP secara mudah mendiskusikan beberapa konsensus diantara diri mereka sendiri dan mempublikasikan FAQ yang tidak resmi.

Seiring berjalannya waktu, ODP Editor Forum menjadi kekuatan hukum parlemen ODP, dan ketika satu dari staf ODP akan mempos sebuah pendapat ke forum, akan dibedakan sebagai putusan yang resmi (dengan kata lain, "Staf telah berbicara"). Ada juga usaha yang hidup sementara pada pembaruan ODP Editor Forum, tetapi diabaikan sebagaimana lawan yang tepat dari prinsip orang yang sederajat dimana seharusnya berdasarkan komunitas ODP. Meskipun demikian, staf ODP mulai memberikan kepercayaan editor senior untuk hak spesial tambahan, termasuk kemampuan untuk menerima pendaftaran editor baru, dimana staf ODP yang dibayar memiliki keputusan akhir berdasarkan kebijakan dan prosedur ODP.

* Allegations that ODP editors are removed for criticizing ODP's policies
Staf ODP yang dibayar telah mengadakan kebijakan kontroversial dari waktu ke waktu, dan editor sukarela yang secara terbuka tidak sepakat sering menemukan hak istimewa mereka dihapus, sebuah situasi yang terus berjalan menjadi rentetan kejadian pada XODP Yahoo! eGroup sejak Mei 2000. Catatan pertama terekspose yang berharga adalah Life After the Open Directory Project, 1 Juni 2000, kolom tamu ditulis Traffick.com oleh David F. Prenatt, Jr., yang menemukan XODP Yahoo! eGroup setelah kehilangan hak istimewa ODP-nya.
(http://www.traffick.com/story/06-2000-xodp.asp)

Contoh catatan berharga lainnya adalah editor sukarela yang dikenal dengan alias The Cunctator, yang telah dibanned dari ODP segera setelah mengumpulkan artikel Slahdot pada 24 Oktober 2000, yang mengkritik perubahan dalam kebijakan hak cipta ODP.
(http://slashdot.org/articles/00/10/24/1252232.shtml)

Dalam menyampaikan perbedaan pendapat secara terbuka, setidaknya satu orang dalam ODP telah mengekspresikan perbedaan pendapatnya dalam AOL Meddling in ODP Causes Shift in Balance of Editorial Power, sebuah artikel yang diterbitkan Traffick.com pada 4 September 2001 dibawah nama samaran Julian McCreary.
(http://www.traffick.com/story/portals/200108_aolodp.asp)

Seiring berjalannya waktu, diskusi mengenai inti kekurangan pada XODP Yahoo! eGroup telah dikurangi menjadi sebuah retakan kecil dibandingkan frekuensi mula-mula. (dari 891 postings pada 2001, menjadi 312 postings pada 2002, menjadi 327 postings pada 2003, dan 18 postings pada September 2004.). Kritik dari XODP menyatakan bahwa hal ini membuktikan XODP menolak relevansi. Bagaimanapun juga, kritik dari klaim ODP yang level berkurangnya dari diskusi adalah bukti bahwa kemanjuran XODP dalam menyediakan sebuah overview dari kekurangan ODP. Dilain pihak, diskusi tak berpenghuni mengenai pokok kekurangan ODP telah menjadi lebih umum pada beberapa forum diskusi utama webmaster, seperti WebMasterWorld and SitePoint.

* Editor removal procedures
Prosedur penghapusan editor ODP yang sering dilihat oleh staf ODP dan meta editor seringkali dikritik. Menurut garis pedoman editorial resmi ODP, editor dihapuskan karena praktek edit yang kejam atau kelakuan yang tidak umum. Bagaimanapun juga, diskusi yang mungkin berakibat dalam tindakan disiplin melawan editor sukarela mengambil tempat dalam sebuah forum privat dimana hanya dapat diakses oleh staf ODP dan meta editor, dan editor sukarela yang beresiko kehilangan hak istimewa editingnya tidak diberikan pemberitahuan bahwa forum diadakan, semakin sedikit pemberitahuan dari sebuah keputusan yang merugikan. Rasionalnya bahwa pernyataan publik untuk kebijakan ini bahwa editor sukarela diasumsikan untuk mengetahui kapan mereka melanggar garis pedoman ODP.

Dalam artikel Editor Removal Explained, ODP Meta Editor Arlarson menyatakan bahwa "sebuah kesepakatan tepat dari kebingungan mengenai penghapusan editor dari ODP dihasilkan dari kesalahan atau pernyataan tidak sengaja oleh editor yang dahulu".
(http://dmoz.org/newsletter/2000Sep/removal.html)

ODP memiliki kebijakan yang melarang penghapusan editor. Pada masa lampau, hal ini telah menunjuk ke klaim bahwa banyak editor ODP pergi dan bertanya-tanya mengapa mereka mereka tidak dapat login pada ODP untuk menampilkan pekerjaan editing mereka. Bagaimanapun juga, ODP sekarang dibuat sedemikian rupa sehingga ketika seseorang berusaha untuk login ke ODP menggunakan sebuah login editor yang telah dideaktivasi, sebuah halaman web generik ditampilkan dan memberitau sebuah penghapusan editor bahwa sebuah keputusan akhir telah dibuat berdasarkan deaktivasi loginnya dan menyediakan sebuah daftar alasan mengapa keputusan seperti itu mengkin terjadi. Pada saat yang sama, sebuah software dapat menghasilkan dalam halaman yang sama sedang ditampilkan ketika login editor telah melewati batas waktu dan editor dalam pertanyaan kenyataannya memenuhi syarat untuk reinstatement. Kemudian prosedur penghapusan editor yang ambigu menjadi masalah yang berkepanjangan.

* Number of editors
Pada 13 Desember 2003, halaman depan ODP mencatat 60,112 editor. Bagaimanapun juga, hal ini bukan jumlah editor yang sekarang terkontribusi pada ODP, karena kenyataan bahwa ODP mencatat jumlah total editor login yang pernah dibuat bukannya jumlah editor sekarang yang aktif. Berdasarkan jumlah editor yang tekumpul dari sampah RDF yang secara umum tersedia, rasio total dibandingkan editor aktif secara kasar adalah 7 banding 1. Setelah periode tidak aktif untuk empat bulan, banyak login yang kadaluarsa. Login lain yang termasuk dalam keseluruhan jumlah mewakili login dari editor lama yang hak istimewa editingnya dihapus, baik karena praktek editing yang salah atau oleh konsensus dari staf ODP dan meta editor. Terlebih lagi, menurut kritik ODP, ketika login editor ODP secara intensional dideaktivasi, banyak editor lama yang mendaftar kembali dibawah sebuah asumsi identitas, membawa ke jumlah dari editor ODP yang berlebihan. Staf ODP secara berkala mempromosikan ODP dengan menyebutkan jumlah editor tanpa mengungkapkan bahwa jumlah tersebut bukanlah jumlah editor aktif saat ini.

* Size of directory
Pada 8 Desember 2003, homepage ODP mengklaim bahwa direktori mereka mengandung 4,008,147 website dan 533,951 kategori, tetapi itu tidak menjelaskan berapa banyak dari data ini yang tersedia untuk non-editor dan/atau ijin ODP secara virtual dari sampah RDF ODP. Hal yang utama, tidak diketahuinya bahwa data pada saat itu termasuk total situs dan kategori untuk ODP Editor Bookmarks dan kategori "Test" tersembunyi ODP yang tidak dapat dilihat oleh non-editor, juga tidak ada satupun termasuk dalam sampah RDF. Bagaimanapun juga, total pada halaman awal sekarang tidak memasukkan kategori ini (dan situs didalamnya).

* Allegations of blacklisting
Kritik klaim bahwa situs diblack list dimana respon dari ODP bahwa editor mereka hanya mengerjakan sebuah pertahanan terhadap linkspam.

* Private editor forums
Kritik dari ODP telah menanyakan kesopanan dari ODP memiliki forum editor privat dimana didalamnya berisi sebuah proyek terbuka, seperti Go dan Zeal telah mengijinkan akses publik ke forum diskusi mereka. Bagaimanapun juga, pertahanan dari forum privat ODP menyatakan bahwa forum seperti itu sangat perlu untuk mendiskusikan mengenai hal-hal internal ODP. Meskipun begitu, beberapa dari forum diskusi privat ini telah dipublikasikan diluar ODP setelah diforward ke bagian kritik ODP oleh orang dalam ODP tanpa nama.

* Software
Forum Editor ODP aslinya berjalan pada software berdasarkan pada pemilik sistem Ultimate Bulletin Board. Pada Juni 2003, mereka berganti ke sistem PHPBB. Software ODPSearch adalah versi turunan dari Isearch dan merupakan open source, dilisensi dibawah Mozilla Public License.

Software database/editing ODP adalah closed source, meskipun Richard Skrenta dari ODP menyatakan pada Juni 1998 bahwa dia telah mempertimbangkan melisensikannya dibawah GNU General Public License. Hal ini telah menyebabkan kritik dari aforementioned GNU project dan orang-orang pro terhadap software gratis lainnya, banyak dari mereka juga mengkritik ODP content license.

Sedemikian telah terjadi beberapa usaha untuk menyediakan alternatif untuk ODP. Alternative-alternative ini akan mengijinkan komunitas dari like-minded editor untuk membuat dan menjaga web direktori open source/open content mereka sendiri. Bagaimanapun juga, tidak ada catatan berharga mengenai alternatif open source/open content dari ODP yang muncul.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home