Monday, February 07, 2005

Tugas 2 Esensi E-Commerce : Contoh-contoh E-Business Model

1. Product
- digital value through new product = pada site www.hotmail.com menyediakan fasilitas web mail dimana hal ini merupakan produk baru yang diluncurkan sebagai akibat munculnya internet.

2. Price
- Cost reduction by e-marketing = pada site www.bpkgm.com merupakan site yang menjual buku renungan dan buku-buku rohani. Dengan adanya sistem secara online yang dilakukan yaitu jika ingin berlangganan buku renungan hanya cukup mengirim email / mengisi form di sitenya dan mengirimkan / meng-fax bukti pembayaran ke bpk. Hal ini mengurangi dana yang dikeluarkan pihak bpk untuk menyediakan formulir pendaftaran untuk pelanggan baru.
- Negotiation = pada site www.ebay.com dimana site ini merupakan site untuk menawarkan pelelangan.
- Segmented Pricing = pada site www.mackro.co.id menawarkan daftar harga barang-barang yang dijual pada toko makro dimana harga yang ditawarkan dibagi menjadi 2, yaitu harga yang berlaku untuk daerah di pulau jawa dan daerah yang ada di luar jawa.

3. Place (Distribution)
- Content sponsorship = pada site www.yahoo.com yang merupakan portal juga menyediakan fasilitas webmail dan disertai iklan dari pihak sponsor yahoo.
- Direct selling = pada site www.amazone.com merupakan toko buku yang langsung menjual buku-buku dari penerbit kepada customer. Selain itu juga penjualan buku bekas dari pemilik lama langsung ke customer.
- Infomediary = pada site http://www.b2byellowpages.com menyediakan fasilitas penyedian informasi dari daftar perusahaan-perusahaan di indonesia.
- Intermediaries (Broker, Agent, E-Tailer) = pada site www.ebay.com yang merupakan broker dimana ebay bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak.

4. Promotion (Marketing Communication)
- Online advertising = banyak site yang melakukan promosi lewat online advertising. Salah satu yang sering dijumpai adalah iklan screen saver yang ada di www.yahoo.com, yaitu www.screensaver.com
- Online sales promotion = site yang menawarkan sales promotion contohnya adalah www.cintaniaga.com dimana site ini menawarkan bonus-bonus dari bank niaga sehingga menarik konsumen untuk ikut membuka rekening di bank niaga.
- Content publishing = pada site www.amazone.com menyediakan fasilitas-faslitas penjualan buku yang kadang-kadang ada beberapa buku yang diberikan sampel / contoh dari isi buku tersebut.
- E-mail = pada site ini www.winboost.com akan mengirimkan tawaran kepada pembeli produk software yang dibuat untuk produk-produknya yang akan datang.

5. Relationship Marketing
- CRM = dengan adanya email-email untuk customer service seperti www.bankniaga.com dengan alamat email customer servicenya cic@cintaniaga.com akan meningkatkan CRM antara pihak bank dengan nasabah.
- Community building = pada site www.yahoo.com terdapat fasilitas news group yang dapat membentuk komunitas untuk hobi yang sama.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home