Monday, February 07, 2005

Tugas 2 : DotCom Boom

2. Dotcom Boom

Perusahaan dot-com (disebut juga dotcom atau dot.com) adalah awal mulanya perusahaan-perusahaan menjual produk atau jasa menggunakan atau berhubungan dengan internet. Mereka berkembang pada akhir 1990 sehingga terjadilah dot-com boom, sebuah kegilaan spekulatif dalam investasi dalam internet dan perusahaan serta stok secara teknikal yang berhubungan dengan internet. Nama tersebut didapatkan dari banyak perusahaan yang menggunakan akhiran “.com” dalam menciptakan nama perusahaan.

Sebuah perusahaan “dot-com” model bisnisnya bergantung pada efek jaringan untuk memberi alasan hilangnya uang untuk mendapatkan pangsa pasar, atau bahkan “mindshare” dengan memberikan produk mereka secara gratis dengan harapan mereka mendapat tibal balik dari tindakan tersebut. Banyak meningkatkan uang melalui penawaran publik pada pasar saham, dengan saham yang sering membumbung tinggi dan membuat perusahaan menjadi kaya diatas kertas. Perusahaan dot-com kebanyakan memiliki manajer muda dan tak berpengalaman menggunakan kaos polo dengan kantor mewah.

Perusahaan secara berkala mengadakan pesta atau pameran dengan membagikan bolpen, kaos atau benda lain secara gratis dimana tercantum logo perusahaan mereka pada benda-benda tersebut. Perusahaan juga membutuhkan jam kerja yang panjang dan tekanan yang tinggi.

Sebuah event tahunan dimulai pada 1996, the Webby Awards memilih website terbaik di internet. Event ini diadakan secara besar-besaran tiap tahun di San Fracisco, California, dekat dengan pusat Silicon Valley. Upacara mencerminkan gaya hidup dot-com dengan tamu-tamu berkostum, penari modern dan paparazzi untuk membuat para undangan merasa penting. Puncak dari event ini pada 2001 dengan ribuan kehadiran. Pada 2002, acara tersebut hanyalah acara yang suram dengan beberapa ratus tamu saja dan sedikit kelebihan pada akhir 1990. Pada 2003, award tersebut dikurangi menjadi event virtual karena banyak calon pemenang tidak dapat terbang ke San Francisco karena pengencangan sabuk perusahaan. Selama masa boom, para tamu dapat pergi sejenak dari pekerjaan mereka tanpa takut kehilangan pekerjaan mereka.

Saham yang Membumbung Tinggi (Soaring Stocks)

Sebuah gelembung pasar saham dalam pasar keuangan adalah istilah yang diberikan kepada sebuah peningkatan atau boom dalam harga saham dari industri sejenis (dot-com), dan diaplikasikan hanya dalam tinjauan kembali ketika harga saham kemudian hancur. Secara tipikal, banyak perusahaan kemudian menjadi dihargai secara berlebihan. Ketika gelembung tersebut meledak, saham menjadi berharga sebagian kecil dari harga pada saat boom terjadi, dan banyak perusahaan keluar dari bisnis tersebut.

Pada akhir 1990 boom dalam saham perusahaan teknologi dot-com adalah contoh yang baik dari gelembung, dimana meledak pada akhir 2000 hingga 2001. Perusahaan model dot-com menjadi cacat: sejumlah kecil perusahaan semuanya memiliki rencan bisnis yang sama dengan memonopoli sektor yang dihargai melalui efek jaringan, dan sangat jelas walaupun rencana tersebut sangat bergaung, hanya dapat setidaknya satu pemenang efek jaringan dalam setiap sektor, dan karena itu juga banyak perusahaan dengan rencana bisnisnya menjdai gagal. Kenyataannya, banyak sektor tidak dapat mendukung bahkan satu perusahaanpun yang di dukung sepenuhnya dengan kekuatan jaringan.

Kebalikan dari hal ini, keberuntungan besar dibuat oleh beberapa pendiri perusahaan yang perusahaannya dibeli pada awal-awal gelembung pasar saham dot-com. Sukses awal ini membuat gelembung tersebut bahkan lebih besar.

Pengeluaran Bebas (Free Spending)

Dot-com boom memiliki sebuah istilah sendiri termasuk “dot-com millionaire”, “burnrate” dan IPO (initial publi offering). Frase “Get large or get lost” diterima kebijakan sebagai sebuah jendela dari kesempatan mengisyaratkan kepada harapan pemilik perusahaan dan investor.

Pada ketinggian dari boom ada kemungkinan untuk menjanjikan dot-com untuk membuat penawaran awal kepada publik untuk saham mereka dan meningkatkan sebuah muatan uang yang besar meskipun hal tersebut tidak pernah membuat sebuah keuntungan, membuat kepala dan pekerjanya, dimana sebagian telah dibayar dengan saham dari miliuner dot-com yang instan. Tetapi kemudian masalah kebakaran tingkat saham datang kedalam permainan sebagaimana uang telah dihabiskan dalam operasi dari sebuah perusahaan dimana tidak menghasilkan sebuah keuntungan dan tidak memiliki model bisnis yang dapat berjalan.

Sebagai contoh dari pengeluaran bebas oleh dot-com tampak dalam perbandingan iklan pada tahun 2000 dan 20001 Super Bowls. Tujuh belas perusahaan dot-com membayar lebih dari dua juta dollar untuk 30 detik iklan selama Januari 2000 Super Bowl. Pada Januari 2001, hanya tiga dot-com membeli tempat untuk iklan.

Dot-com boom memiliki pengaruh utama yang kuat pada daerah kota tertentu seperti Sillicon Valley, research Triangle Park, North Carolina dan Austin, Texas. Secara sejarah dot-com boom dapat dilihat mirip dengan sejumlah teknologi lain yang menginspirasi boom pada masa lampau termasuk jalur kereta api pada tahun 1840, radio pada 1920, transistor elektronik pada 1950 dan komputer rumah serta bioteknologi pada akhir 1980.

Penipisan Kumpulan (Thinning the Herd)

Gelembung dot-com meledak pada 2001. Sejumlah besar dot-com sekarang mengejar perdagangan, setelah terbakar melalui modal resiko mereka, sering tanpa pernah membuat keuntungan yang besar, sehingga menjadi dot-compost. Sejumlah perusahaan berasosiasi dengan dot-com boom telah dituduh sebagai tertuduh penipuan. Fenomena dot-com telah dideskripsikan dengan sejumlah nama lain yang tidak enak, termasuk dot-con dan dot-bomb.

Beberapa alasan diberikan, kenapa gelembung meledak ketika enam rate yang menarik dibuat meningkat oleh Federal Reserve pada 1999 dan awal 2000 akhirnya mengejar perekonomian. Alasan lain adalah meningkatnya pengeluaran bisnis secara cepat untuk persiapan menghadapi pergantian Y2K. Sekali tahun baru terlewati tanpa kejadian, bisnis memiliki semua perlengkapan yang mereka butuhkan untuk beberapa waktu dan pengeluaran bisnis mengering. Hal ini berhubungan dekat dengan puncak dari pasar saham U.S. Dow Jones memuncak pada Januari 2000 sedangkan Nasdaq pada Maret 2000.

Sedikit dari perusahaan dot-com yang didirikan termasuk Amazon.com dan eBay telah selamat dari kekalutan ini dengan baik, dan tampak memiliki kesempatan bagus untuk jangka waktu yang lama untuk bertahan. Mesin pencari Google tidak dipertimbangkan sebagai perusahaan dot-com. Dokumenter e-Dreams (2002) melukiskan takdir dari Kozmo.com, sebuah permulaan yang unik dijanjikan dengan pengiriman satu jam. Majalah online SatireWire mempermainkan gelembung dot-com.

Daftar perusahaan dot-com yang terkenal :
Amazon.com
Double-click
eBay
Kozmo.com
Napster
PayPal
Pets.com
Webvan
Yahoo!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home