Monday, February 07, 2005

1. EB = EC + BI + CRM + SCM + ERP

EB = E-Business
didefinisikan sebagai pengoptimasian dari sebuah bisnis secara kontinue melalui teknologi digital.
EC = e-Commerce
menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi baik dalam pembelian maupun penjualan barang
BI = business intelligence
mengumpulkan informasi utama dan tambahan tentang daerah pemasaran
CRM = customer relationship management
strategi untuk memuaskan konsumen dan membentuk hubungan yang baik dengan konsumen sehingga konsumen menjadi pelanggan yang setia sehingga pelanggan tersebut banyak melakukan transaksi pembelian
SCM = supply chain management
mendistribusikan produk dari distributor secara efisien dan efektif kepada konsumen
ERP = enterprise resource planning
mengoptimasikan proses bisnis dan mengurangi biaya dalam proses bisnis


2. Brick and Mortar
Merupakan sistem bisnis dalam penjualan dimana dalam melakukan proses transaksi kedua belah pihak (pembeli dan penjual) harus bertemu secara langsung pada tempat tertentu kemudian melakukan transaksi.
Click and Mortar
Sistem bisnis yang memiliki ciri-ciri proses transaksi dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media untuk mencari barang sampai pembayaran barang yang dibeli. Kemudian barang yang dibeli dapat diantar kepada konsumen.


3. Entering 1st Generation of E-commerce
Paga generasi pertama dari e-commerce yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah perusahaan yang dapat mengaplikasikan bisnisnya secara online (menawarkan barang secara online) dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap seperti sistem pencarian data barang, pemesanan hingga pembayaran barang.
Entering 2nd Generation of E-Commerce
Sedangkan pada generasi ke dua, yang menjadi target dalam memenangkan persaingan adalah upaya dalam mengarahkan konsumen sehingga menjelajah situs dan berhasil membuat konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian karena kenyamanan dalam situs.
Ada 3 dimensi dalam navigasi konsumen:
- Reach = berhubungan dengan koneksi dan kemudahan konsumen untuk mengakses website perusahaan
- Affiliation = mempresentasikan tentang siapa yang tertarik akan bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Richness = banyaknya informasi konsumen yang didapatkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat melayani konsumen sehingga pelanggan tersebut menjadi setia karena diberikan fasilitas-fasilitas oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya.

5. Cannibalizing Its Own Firm
Adalah perusahaan yang mengeluarkan kebijakan bisnis dimana dampak dari kebijakan yang dikeluarkan tersebut merugikan perusahaan itu sendiri tetapi hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang.
Contoh: Pada eSchwab adalah broker yang pada awalnya hanya bergerak secara offline yang kemudian dibuat secara online sehingga dengan adanya sistem dari eSchwab yang online membuat bisnisnya yang secara offline tidak berkembang bahkan mulai kalah bersaing dengan bisnisnya yang online.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home